Kamis (18/08/2022), Program Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung kembali menyelenggarakan Kuliah Pakar dengan tema “Metodologi Penelitian Tafsir”, yang diikuti oleh ratusan mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir.

Kuliah Pakar ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung Dr. Ahmad Isnaeni, M.A. dalam sambutannya ia sangat mengapresiasi Kuliah Pakar ini.  “Semoga apa yang disampaikan oleh narasumber akan menjadi pemacu semangat mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir (Skripsi) dengan fokus melakukan penelitian dalam bidang tafsir Al-Qur’an”, tutur Dekan.

Materi pada kuliah pakar ini disampaikan oleh Eko Zulfikar, M.Ag yang merupakan Dosen Prodi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir UIN Raden Fatah Palembang dan juga merupakan Reviewer Eksternal Jurnal Al-Dzikra UIN Raden Intan Lampung. Ia menyampaikan didalam penelitian tafsir, kita tidak dapat lepas dari 4 metode yang telah disepakati oleh mufassirin klasik terdahulu yakni metode ijmali, tahlili, muqarran, dan maudhu’i.

Selain itu, ia juga memberi saran kepada mahasiswa untuk lebih berminat dalam menulisan jurnal karena menurutnya hal ini lebih mudah dan lebih ringkas. Beliau menjelaskan bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan dalam menulis skripsi dan jurnal, dimana jurnal biasanya lebih sedikit dan tidak memuat rumusan masalah sedangkan skripsi biasanya lebih banyak dan harus memuat rumusan masalah.

Selanjutnya setelah pemaparan materi dari narasumber, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dimoderatori oleh bapak Masruchin, Ph.D. Mahasiswa sangat antusias dalam sesi ini, karena banyaknya mahasiswa yang bertanya pada narasumber terkait materi yang disampaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *