Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Raden Intan Lampung sukses menyelenggarakan acara Bimtek Tahsin Qiro’atul Qur’an yang diselenggarakan pada Selasa, 29 November 2022 lalu di Aula Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

Bimtek kali ini mengundang 5 Narasumber yakni Andieni Putri Olivia Arifin, Febriansyah, Muhammad Rifky Ramadhan, Kevin Denis Fauzan dan Nurul Izzah Azzahra yang merupakan praktisi pada keilmuan tahsin dan tahfidz yang sudah berpengalaman. Bimtek ini diikuti 45 mahasiswa dari program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir FUSA sebagai peserta.

Wakil Dekan I Dr. Suhandi, M.Ag. Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama hadir untuk membuka acara Bimtek ini secara resmi mewakili Dekan FUSA sekaligus memberikan sambutan dan motivasi kepada para mahasiswa. Beliau berpesan bahwa belajar itu tidak cukup sampai disini, namun harus terus ada kelanjutkan.

“Mahasiswa program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir pasti harus bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, acara bimtek ini hanya untuk sedikit memoleshal-hal kecil saja. Mahasiswa tidak cukup belajar dan merasa mahir sampai disini, namun harus tetap memiliki kelanjutan untuk terus mempelajari cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar” tuturnya.

Begitupun dengan Ketua Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang juga merupakan ketua pelaksana acara Bimtek Tahsin Qiro’atul Qur’an memberikan wejangan bahwa pelatihan bimtek ini juga menjadi wadah yang sangat baik untuk mengembangkan bakat seni membaca Al-Qur’an bagi para mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

            Sementara itu, para Narasumber memaparkan materi yang diawali dengan tips dan trik untuk bisa menjadi penghafal Al-Qur’an yang baik, bagaimana melafalkan huruf-huruf hijaiyah yang benar, dan mengajak para mahasiswa untuk mencoba melantunkan ayat suci Al-Qur’an menggunakan 7 seni irama atau yang biasa disebut dengan An-Naghom Fil Al-Qur’an.

Tinggalkan Balasan