Yogyakarta, Dosen dan mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Raden Intan Lampung malakukan kunjungan ke Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta pada Jum’at (20/1/2023). Rombongan dari Prodi IAT diterima langsung oleh ketua Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta KH. M. Nilzam Yahya, M.Ag di aula pondok.

Dalam sambutannya, ketua Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Bapak Dr. Kiki Muhammad Hakiki, M.A menyampaikan bahwa maksud kunjungan ini pertama adalah untuk menjalin silaturahim, kedua untuk belajar dan mengambil berkah dan pengalaman bagaimana Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak tetap eksis di tengah zaman yang kian menantang. Dalam kesempatan yang sama ketua prodi menghimbau kepada seluruh mahasiswa yang hadir mengambil pelajaran sebanyak-banyaknya dari apa yang akan di sampaikan KH. M. Nilzam Yahya, M.Ag.

Sementara KH. M. Nilzam Yahya, M.Ag selaku Ketua Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta menyambut baik kunjungan dosen dan mahasiswa prodi IAT UIN Raden Intan Lampung, dalam sambutanya beliau mengatakan bahwa Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak ini sudah berdiri sejak 1911 dan banyak meluluskan alumni yang mempunyai pengaruh dan bermanfaat di masyarakat. Hal ini menurut beliau tak terlepas dari peran pengajaran di pondok pesantren yang memfokuskan pada kajian kitab kuning dan Tahfiz Al-Qur’an, di samping itu menurut beliau pondok pesantren krapyak menekankan sikap beragama yang moderat dan menjauhi sikap radikal.

Selepas sambutan KH. M. Nilzam Yahya, M.Ag  mempersilahkan mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa, kemudian acara ditutup dengan doa yang dibacakan oleh saudara Dwi Fajri Faqeh mahasiswa Prodi IAT UIN Raden Intan Lampung, dilanjutkan dengan penukaran cinderamata dan sesi foto bersama. (BH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *