Senin (27/02/2023), Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Raden Intan Lampung menerima kunjungan dari Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Raden Fatah Palembang. Kunjungan ini dihadiri langsung oleh Ketua Prodi  Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Raden Fatah Palembang Dr. Halimatussa’diyah, M.Ag dan diterima langsung oleh Dr. Kiki Muhammad Hakiki, M.A dan Yoga Irawan, M.Pd selaku Kaprodi dan Sekprodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Raden Intan Lampung.

Pertemuan berlangsung lebih kurang 2 jam yang membahas terkait kerjasama kedepan antar kedua instansi sesuai MoA yang telah ditandatangan sebelumnya. Kerjasama yang dibahas berfokus kepada Tridarma Perguruan Tinggi yakni; pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Kaprodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Raden Intan Lampung Dr. Kiki Muhammad Hakiki menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungannya, semoga silaturahmi ini tetap terjalin baik dan InsyaAllah nantinya Prodi IAT UIN Raden Intan Lampung akan melakukan kunjungan balasan ke Prodi IAT UIN Raden Fatah Palembang.

Disela-sela kunjungannya, Prodi IAT UIN Raden Fatah Palembang juga melakukan Visiting Lecture ke mahasiswa Prodi IAT UIN Raden Intan Lampung. Kuliah tamu ini langsung diberikan oleh Kaprodi IAT UIN Raden Fatah Palembang Dr. Halimatussa’diyah, M.Ag dengan tema “Perkembangan tafsir di Indonesia saat ini”. Mahasiswa yang mengikuti kuliah tamu merupakan mahasiswa semester VI dari Prodi IAT UIN Raden Intan Lampung.

Dalam materi yang diberikan Dr. Halimatussa’diyah, M.Ag mengatakan “Tafsir Indonesia masih sangat jarang diteliti. Secara perkembangan, tafsir Indonesia memang masih kurang berkembang dikarenakan beberapa faktor diantaranya kekhawatiran didalam diri seorang mufassir yang takut akan kesalahan dalam penafsirannya”.

Beliau berharap agar mahasiswa dapat menggali lebih dalam mengenai naskah, metodologi atau mengenai tema-tema tertentu pada kitab tafsir tersebut untuk dijadikan sebagai rujukan penelitian, jelas dia. (AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *